You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Plafon Pasar Slipi Rusak Parah
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Pasar Slipi Jaya Butuh Perbaikan

Pasar Slipi Jaya di Jl Anggrek Garuda, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, kondisi plafonnya rusak parah dan butuh perbaikan dari PD Pasar Jaya. Hal itu tampak dari rangka kayu pada plafon di lantai dua yang mengalami pelapukan akibat dimakan rayap dan terkena air limpasan dari atap yang bocor. Alhasil, karena sudah banyak tripleksnya yang jebol, membuat lantai dua pasar tersebut sejak lima tahun lalu tidak difungsikan.

Kalau hujan bocor parah, sampai turun ke bawah

Anton (45) pemilik usaha percetakan di lantai satu Pasar Slipi Jaya mengatakan, lantai dua pasar tersebut dulunya terdapat bioskop, arena biliar dan permainan dingdong. Namun, karena pengelolanya bangkrut sejak lima tahun lalu, gedung itu pun tidak difungsikan lagi hingga akhirnya mengalami kerusakan pada plafon.

“Kalau hujan bocor parah, sampai turun ke bawah,” ujar Anton, Jumat (3/10).

Pasar Jaya Siap Perluas Areal Parkir Blok G

Kepala Pasar Slipi Jaya, Yusuf membenarkan, jika kondisi bangunan pasar saat ini terbilang tidak layak. Kerusakan bangunan, khususnya atap dan plafon di lantai dua bekas bioskop itu cukup memprihatinkan. Rencananya di bulan ini PD Pasar Jaya akan sedikit melakukan perbaikan kerusakan tersebut.

“Informasi dari kantor pusat, Oktober ini sudah akan diperbaiki seluruh atap dan plafon yang rusak dan bocor. Anggarannya sudah turun,” ungkapnya.

Ia mengakui, sejak masa pakai bangunan pasar itu habis tahun 2010 lalu, bangunan pasar berkapasitas 750 kios tersebut belum tersentuh pembenahan. Hampir separuh dari total kios di pasar itu juga banyak yang tutup. Namun, hanya 400 kios yang masih aktif. “Di setiap lantainya hanya 30 persen terisi, yang melompong itu di lantai basement. Hanya 10 kios saja yang terisi, itupun kios onderdil," tuturnya.

Ia juga mengaku prihatin dengan sepinya pasar. Di samping kalah bersaing dengan Plaza Slipi Jaya yang berseberangan, bangunan pasar yang beroperasi lebih dari 20 tahun lalu itu kini kondisinya rusak parah. Selain itu, tidak terkelolanya area parkir, juga membuat area pasar seluas 6.000 meter persegi itu semrawut, karena banyak parkir liar bermunculan.

“Sejauh ini hanya kebersihannya saja yang bisa kami jaga, bisa terlihat tak ada sampah yang berserakan. Untuk pemeliharaan kami hanya menarik retribusi Rp 4.000 per hari,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1113 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye898 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye819 personAldi Geri Lumban Tobing